MASIGNASUKAv102
4369665982036218409

Kakwarnas Menjadi Pembina Upacara LT-V 2012

Kakwarnas Menjadi Pembina Upacara LT-V 2012
Add Comments
Sabtu, 07 Juli 2012
Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Nasional
Tahun 2012 (LT-V 2012)

Jakarta (8/7), Dalam Rencana Strategik Gerakan 
Pramuka 2009-2014 ditetapkan bahwa peningkatan kualitas pendidikan peserta didik merupakan salah satu program prioritas. Dalam rangka itulah Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional Tahun 2012 selanjutnya disingkat LT-V 2012. Kegiatan ini tidak hanya merupakan upaya meningkatkan kualitas Pramuka Penggalang semata, tetapi juga untuk mengevaluasi implementasi Renstra yang berkaitan dengan kualitas kegiatan peserta didik yang dilaksanakan di gugus depan.
LT-V 2012 merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa Pancasila, disiplin, sehat mental, moral, fisiknya, berjiwa patriot, mampu berkarya dengan semangat kemandirian, peduli dan berkomitmen terhadap Kode Kehormatan Pramuka.
LT-V 2012 berlangsung selama sepekan di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta dan Gunung Pancar, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada tanggal 7 – 13 Juli 2012. 
Lomba ini merupakan kegiatan berkesinambungan yang diselenggarakan secara bertahap. Mulai dari Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Gugusdepan atau disingkat LT-I hingga LT-V atau Tingkat Nasional. Peserta LT-V adalah utusan satu regu putera dan satu regu puteri pemenang lomba regu yang dilaksanakan Kwartir Daerah (LT –IV).
Tema LT-V 2012 adalah “Kokohkan Persatuan dan Tingkatkan Prestasi Menuju Kemandirian”. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengembangkan Pramuka Penggalang sebagai kader bangsa dan kader pembangunan. Sedangkan sasaran dari LT-V, adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan; meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan; disiplin, kepedulian terhadap sesama dan lingkungannya;serta meningkatkan keterampilan kepramukaan dan manajerial; dan jiwa kewirausahawan. 
Selama di LT-V, adik-adik pramuka yang berbeda etnis, agama, dan daerah hidup bersama, berlomba mengadu keterampilan, ketangkasan, kecerdasan dan penguasaan IPTEK. Sebanyak 66 regu Pramuka Penggalang usia 11-15 tahun (33 regu putera dan 33 regu puteri) dari 33 Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia berlomba akan mengadu keterampilan dan menjadi yang terbaik guna memperebutkan tunggul kemenangan. Khusus di bidang keterampilan kepramukaan, LT-V 2012 menampilkan beragam mata lomba yaitu : baris berbaris, yel Pramuka, halang rintang, kompas, peta topografi, peta pita, peta panorama, perkemahan, tali temali, semboyan dan isyarat, sandi, kim, pengamatan, P3K, menaksir, survival, penataan perlengkapan (packing), dan senam Pramuka.

Source: Grup FB Kwarnas
Kak Maruf

Admin Blog, Pelaku UMKM, Pramuka dan Kanca ngopimu. Follow saya di Ig @kakmaruf