MASIGNASUKAv102
4369665982036218409

Selaraskan tujuan untuk pramuka berkemajuan

Selaraskan tujuan untuk pramuka berkemajuan
Add Comments
Rabu, 02 September 2015
Pramuka, wadah pendidikan karakter kaum mudah yang di ikuti oleh lebih dari 20ribu anak bangsa. Namun demikian penyampaian materi kepramukaan tidak serta-merta menggugah pramuka untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik mungkin.

Berbeda tujuan, adalah akar dari permasalahan yang ada, sebagian sekolah hanya mewajibkan pramuka dan (maaf) asal ada kegiatan yang akhirnya pembinaan tidak maksimal, bahkan pembinanya pun belum bersertifikat KMD (kursus mahir dasar). Perlu kita pahami di masa modern ini, kegiatan pramuka seharusnya mengikuti perkembangan, menarik dan juga bisa berkesinambungan yang dapat diaplikasikan di masyarakat setempat.

Adaptasi budaya dan kebiasaan setempat bisa memberikan warna baru bagi pramuka, budaya bersih sekolahan, ataupun peduli lingkungan bisa menjadi bagian dari pramuka. Penyelarasan tujuan perlu dilakukan dari tingkat nasional hingga gugus depan agar pramuka bisa maju, berkembang dan berkelanjutan. Untuk itu, dengan adanya sosial media kita harapkan penyampaian berita, peraturan terbaru tentang kepramukaan bisa lebih cepat sampai digugus depan untuk itu pembina pramuka dituntut dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Mohon dapat berbagi kepada kakak-kakak yang lain :)

Berbagi cerita kepramukaan di LINE http://line.me/ti/p/%40qqs5153y (line id @QQS5153Y)
‪#‎pramuka‬ ‪#‎pramukaupdate‬
Kak Maruf

Admin Blog, Pelaku UMKM, Pramuka dan Kanca ngopimu. Follow saya di Ig @kakmaruf