MASIGNASUKAv102
4369665982036218409

Kwarnas Adakan Kursus Pelatihan Pembina Pelatih Tingkat Lanjutan Angkatan I 2016

Kwarnas Adakan Kursus Pelatihan Pembina Pelatih Tingkat Lanjutan Angkatan I 2016
Add Comments
Jumat, 21 Oktober 2016
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) mengadakan kursus Pelatihan Pembina Pelatih Tingkat Lanjutan (KPL) angkatan I 2016 di area Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur (Foto: Kak Deris/ Humas Kwarnas)


Jakarta – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) mengadakan kursus Pelatihan Pembina Pelatih Tingkat Lanjutan (KPL) angkatan I 2016 di area Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur. Kegiatan ini berlangsung 18-24 Oktober 2016.

Ketua Pusdiklatnas Gerakan Pramuka Kak Ganet mengatakan, tujuan dari dibukanya kursus KPL adalah agar para calon pembina dan pelatih Pramuka punya daya kreatifitas yang tinggi dalam mengajarkan pendidikan kepramukaan kepada adik-adik di luar maupun di dalam sekolah.

“Tujuannya ya bagaimana membentuk mental para pelatih ini agar punya daya kreatifitas yang tinggi dalam mengembangkan sistem pendidikan kepramukaan,” ujarnya di lokasi, Rabu (19/10/2016).

Kak Ganet menuturkan, dengan kursus KPL ini, Kwarnas Gerakan Pramuka juga ingin membentuk pembina dan pelatih yang profesional dan berkualitas. Sebab, kemahiran dan kepintaran pelatih sangat menentukan keberlangsungan Pramuka dalam menjalankan program.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Anggota Dewasa Kak Susi Yuliati mengatakan, ‎‎Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal, melengkapi pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah. Untuk mewujudkan itu, diperlukan pusat pendidikan dan pelatihan.

“Jadi kursus ini juga berfungsi sebagai wadah dan pelaksana pendidikan dan pelatihan kepramukaan guna meningkatkan jumlah dan mutu anggota Gerakan Pramuka,” terangnya.

Kak Susi berharap, kursus ini nantinya
akan tercipta pemahaman yang sama di dalam mengelola pendidikan dan pelatihan dalam Pramuka. Serta bisa mewujudkan ‎pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang sistematis, efektif, dan efisien dalam Gerakan Pramuka.

‎Dalam kursus ini peserta diajarkan bagaimana cara menyusun  standar kompetensi peserta didik sesuai dengan jenjang dan golongannya. Kemudian ‎emenyusun standar kompetensi tenaga pendidik kepramukaan.  ‎Serta bagaimana m‎enyusun kurikulum, materi, metoda pendidikan dan pelatihan serta metoda penilaian pendidikan dan pelatihan kepramukaan.

‎Peserta KPL angkatan I diikuti oleh 40 peserta dari beberapa Kwarda meliputu Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Kwarnas dan Kwarcab Botabek.‎ (HA/Humas Kwarnas)
Kak Maruf

Admin Blog, Pelaku UMKM, Pramuka dan Kanca ngopimu. Follow saya di Ig @kakmaruf