MASIGNASUKAv102
4369665982036218409

Kwarnas dan BNPB Resmi Lakukan Kerjasama

Kwarnas dan BNPB Resmi Lakukan Kerjasama
Add Comments
Jumat, 25 Januari 2019
SENTUL, (25/1) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Jum'at pagi resmi melakukan kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kwarnas dan BNBP.


Kwarnas dan BNPB Resmi Lakukan Kerjasama


Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. H. Budi Waseso dengan Ketua BNPB, Letjen TNI Doni Monardo di Auditorium INA-DRTG BNPB, Sentul, Bogor, Jum'at pagi (25/1).

Sebagai tindak lanjut dari MoU dengan BNPB tersebut, Kwarnas akan melakukan langkah langkah sebagai berikut


1. Membetuk Kelompok Kerja SPAB Berbasis di Gugusdepan Kwartir Nasional yang beranggotakan lintas Komisi Kepengurusan Kwartir Nasional Periode 2018-2023 di bawah koordinasi Komisi Pengabidian Masyarakat.


2. Menyusun dan menetapkan Petunjuk Penyelenggaraan SPAB Berbasis di Gugusdepan sebagai pedoman kebijakan pelaksanaan implementasi.


3. Peningkatan kapasitas dan Pemberdayaan Pembina Gugusdepan sebagai fasilitator SPAB Berbasis di Gugusdepan dilengkapi dengan buku saku bagi peserta didik sesuai dengan golongan yaitu Buku Saku bagi Siaga, Penggalang, dan Penegak/Pandega.


4. Mengintegrasikan materi-materi kebencanaan di dalam Kursus-Kursus atau Diklat yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Kader yang dimiliki di setiap level Kwartir mulai dari Kwartir Nasional, Daerah, dan Cabang.

Sementara strateginya adalah:


1. Meningkatkan kerjasama dengan Kementerin/Lembaga Negara RI subagai upaya kelangsungan implementasi SPAB Berbasis di Gugusdepan secara terkendali dan terkoordinasi.


2. Memperluas jejaring dan kerjasama dengan NGO/INGO agar dapat bersinergi dan berolaborasi sebagai upaya percepatan dan perluasan implementasi SPAB Berbasis di Gugusdepan yang terukur.


3. Mengaktifkan kembali Pusat Data Informasi dan Pramuka Peduli di tingkat nasional yang terkoneksi dengan Pusdatin BNPB, BMKG, untuk membantu penyebaran informasi terkini yang valid dan sah dari pemerintah sebagai pedoman pelaksanaan respon peduli bagi Pramuka.


Salam Pramuka!


Pewarta : Saiko Damai
Kak Maruf

Admin Blog, Pelaku UMKM, Pramuka dan Kanca ngopimu. Follow saya di Ig @kakmaruf